kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,75   -27,98   -3.02%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
G20 /

Tiga Hal yang Jadi Prioritas Integrity and Compliance Task Force B20


Sabtu, 29 Januari 2022 / 21:14 WIB
Tiga Hal yang Jadi Prioritas Integrity and Compliance Task Force B20
ILUSTRASI. Ketua Penyelenggara B20 Indonesia Shinta Widjaja Kamdani bersama Ketua Gugus Tugas Kerja dan Pendidikan Masa Depan B20 Hamdhani D. Salim dalam konferensi pers Task Force and Action Council B20 Indonesia Summit 2022, Jumat (28/1/).

Reporter: Akmalal Hamdhi | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Integrity and Compliance Task Force Chair B20 Hariyanto mengatakan bahwa ada 3 hal yang akan menjadi prioritas pembahasan dari satuan tugasnya. Adapun 3 hal tersebut antara lain terkait Anti corruption, Corporate Governance, dan Kejahatan dalam digitalisasi.

Sebagai Informasi, Integrity and Compliance Task Force adalah salah satu Task Force atau satuan tugas yang berada pada forum Business of Twenty (B20).

Adapun Task Force lainnya antara lain Digitalization Task Force, Suistanibility & Climate Task Force, Finance & Infrastructure Task Force, Future of Work & Education Task Force, Trade & Investment Task Force, dan Women In Business Action Council.

Hariyanto Budiman mengungkapkan bahwa Integrity And Compliance Task force berkaitan erat dengan pembahasan mengenai Environmental Social Governance (ESG), terutama terkait pembahasan mengenai goverment

Baca Juga: Gelaran B20 Diharapkan Dapat Menyuarakan Isu Pembahasan dari Indonesia

“Saya mendapatkan banyak masukan dari para stakeholders dari Indonesia maupun luar indonesia. Integrity and Compliance Task Force beranggotakan 104 institusi yang berasal dari 28 negara dan 18  industri. Jadi tidak hanya diisi oleh industri perbankan dan financial distribution, tapi juga industri manufacturing, energy, maupun power,” ujar Hariyanto dalam pertemuan perdana Task Force & Action Council B20 Indonesia Summit 2022, Jumat (29/1).

Adapun 3 hal prioritas yang akan menjadi pembahasan adalah yang pertama Integrity and Compliance Task Force akan melanjutkan upaya terkait anti corruption. Di mana isu ini selalu diangkat dalam gelaran B20 dan G20.

Hariyanto menjelaskan bahwa Integrity and Compliance Task Force akan berhubungan erat dengan coruption working grup yang saat ini dipimpin oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam G20. Ke depannya, akan dilakukan diskusi intens antara Integrity and Compliance Task Force dan KPK.

Baca Juga: Bidik Pertumbuhan Pendapatan 60% di Tahun 2022, Begini Strategi Bisnis Dyandra Media

Hal Kedua, terkait corporate governance yang di dalamnya akan membahas tentang disclosure requirement, public of interest, integrity, conflict of interest, interaksi antar klub dna lain-lain.

Sedangkan, hal ketiga akan membahas terkait tren digitalisasi. Menurut Hariyanto, Digitalisasi membawa banyak inovasi pada bidang pembayaran namun juga sering menyebabkan disruption dalam digitalisasi.

Saat ini, ada banyak inovasi dalam bidang payment yang justru menciptakan permasalahan baru. Isu-isu terkait money laundering, terrorist financing menjadi sangat penting untuk dibahas.

Baca Juga: RI inches closer to realizing port hub dream

“Apalagi sudah tidak menggunakan cara-cara konvensional tapi melalui cara baru seperti cryptorucency, sehingga ini menjadi fokus utama kita,” tutup Hariyanto.

Selain itu, ada 7 orang co-chair kategori emerging market yang telah ditunjuk. Hariyanto menyebutkan bahwa Emerging Market adalah bagian tidak terpisahkan dalam forum B20. Adapun 7 co chair yang ditunjuk berasal dari negara maju dan negara berkembang, antara lain Meksiko, Brazil, Tiongkok, hingga Switzerland.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

×