kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.011,48   2,44   0.24%
  • EMAS943.000 -0,21%
  • RD.SAHAM -1.07%
  • RD.CAMPURAN -0.35%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%
G20 /

KTT Y20 Ditutup, Dokumen Rekomendasi Kebijakan Diserahkan ke Pemerintah


Sabtu, 23 Juli 2022 / 19:13 WIB
KTT Y20 Ditutup, Dokumen Rekomendasi Kebijakan Diserahkan ke Pemerintah
ILUSTRASI. Y20

Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Rangkaian KTT Y20 Indonesia resmi berakhir dengan penyerahan dokumen rekomendasi kebijakan (Communiqué) kepada pemerintah RI pada Closing Ceremony di Intercontinental Bandung Dago Pakar.

Communiqué ini merupakan hasil perundingan selama berbulan-bulan yang melibatkan puluhan perwakilan anak muda dari negara-negara G20.

Co-Chair Y20 Indonesia 2022 Rahayu Saraswati menyerahkan Communiqué yang fokus pada empat isu prioritas kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang diwakili Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy.

Keempat isu prioritas tersebut meliputi ketenagakerjaan pemuda, transformasi digital, planet berkelanjutan dan layak huni, serta keberagaman dan inklusi.

Dengan diberikannya Communiqué kepada pemerintah, harapannya Presiden Jokowi dapat menyampaikan aspirasi pemuda ini ke KTT G20 di Bali pada November 2022.

"Kami anak muda ada di sini untuk berkontribusi dan kami membutuhkan kesempatan. Berikan kami tempat duduk dan kami berjanji kami tidak akan mengecewakan Anda, bahkan di KTT G20,” ungkap Co-Chair Y20 Indonesia 2022 Rahayu Saraswati dalam keterangan resminya, Sabtu (23/7).

Ia mengatakan, delegasi Y20 mendesak adanya perwakilan Y20 di acara puncak KTT mendorong dan mempengaruhi keputusan pemimpin dunia.

Baca Juga: Menakar Peran UMKM dalam Pengentasan Kemiskinan

Rahayu menjelaskan, beberapa poin yang diadopsi Communiqué ini di antaranya transformasi sistem pangan dan akselerasi transisi energi. Y20 juga mendesak pemimpin negara G20 untuk membentuk multi-stakeholder digital well-being charter pada 2023.

Poin-poin lainnya berkaitan dengan ekosistem kewirausahaan sosial dan pendidikan yang berkualitas dan inklusif.

Menteri PMK Muhadjir Effendy dalam penutupan KTT Y20 menjelaskan, Presidensi G20 Indonesia 2022 m mengapresiasi masukan dan saran yang telah disampaikan oleh Y20 lewat Communiqué, terutama terkait keanekaragaman dan inklusi. Itu adalah rekomendasi diilhami dari kondisi riil Indonesia.

Hal senada diungkapkan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali. Ia meyakini dekegasi pemuda dari negara G20 sudah bekerja keras dalam mengembangkan Communiqué.

 “Usai kegiatan ini, saya berharap kita dapat bekerja sama untuk mengubah ide-ide yang direkomendasikan menjadi aksi konkret. Dengan visi misi Anda, saya percaya kita bisa mewujudkannya,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Tag

TERBARU
Kontan Academy
Digital Marketing in New Normal Era The Science of Sales Management

×