kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.011,48   2,44   0.24%
  • EMAS943.000 -0,21%
  • RD.SAHAM -1.07%
  • RD.CAMPURAN -0.35%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%
G20 /

Indonesia Serahkan Tongkat Estafet G20 Digital Innovation Network ke India


Senin, 05 September 2022 / 23:20 WIB
Indonesia Serahkan Tongkat Estafet G20 Digital Innovation Network ke India
ILUSTRASI. Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Semuel Abrijani Pangerapan. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/hp..

Reporter: Handoyo | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indonesia serahkan tongkat estafet penyelenggaraan G20 Digital Innovation Network (DIN) pada tahun 2023 kepada India. 

“Harapannya, acara yang sama akan dilanjutkan oleh Presidensi G20 India. Semoga akan ada kelanjutan dari semua upaya kami selama penyelenggaraan acara yang telah berlangsung mulai 2 hingga 4 September, hari ini, pada Presidensi mendatang,” ungkap Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Semuel A. Pangerapan. 

Menurut Semuel, jika Presidensi G20 India tidak melanjutkan maka Indonesia akan mengubah penamaan acara itu yang masih akan dimatangkan. Dengan prinsip mentransformasikan kegiatan bisnis ke era digital.

Baca Juga: Lewat G20 Digital Innovation Network, 5 Startup Lokal Ini Didorong Go Internasional

“Apabila India melanjutkan, kami akan mengubah nama. Di tahun depan, mungkin nama Digital Innovation Network akan berbeda karena itu sudah melekat pada penyelenggaraan G20,” jelasnya.

Semuel menyatakan program untuk memfasilitasi startup digital akan menjadi agenda tahunan Kementerian Kominfo. 

“Untuk membantu startup di Indonesia dan negara-negara yang mendukungnya.Sehingga kita bisa berkolaborasi untuk menciptakan solusi dan inovasi yang lebih baik lagi,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Sekretaris Kementerian Luar Negeri India Naman Upadhyaya memuji penyelenggaraan G20 DIN di Indonesia. Menurutnya, acara tersebut telah memberikan perspektif baru tentang ekosistem startup global dan pengembangan inovasi digital di tengah transformasi digital global.

“Kehadiran begitu banyak startup dan pemodal ventura dalam acara DIN ini menunjukkan keberhasilan organisasi jaringan inovasi digital, dan saya ingin berkomentar dan mengucapkan selamat kepada Indonesia yang berhasil menyelenggarakannya,” ungkapnya.

Baca Juga: Menkominfo: Startup Peserta DIN G20 Rata-rata Berada pada Tahap Pendanaan Seri A

Upadhyaya menyatakan Presidensi G20 India tahun depan juga akan mengangkat beberapa topik yang dibawa Indonesia ke Presidensi G20 Indonesia tahun 2022, terutama mengenai transformasi digital. 

“Topik diskusi meliputi inovasi teknologi digital, keamanan siber dan digital, konektivitas digital, dan literasi digital,” ujarnya.

Melalui diskusi itu, Pemerintah India mengharapkan  akan lebih banyak ide dan solusi untuk menjawab tantangan global di era digitalisasi saat ini.

“Atas nama Pemerintah India dan masyarakat di India, saya ingin menyambut Anda semua ke India tahun depan, untuk datang dan berinovasi,” ungkap Wakil Sekretaris Kementerian Luar Negeri India.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Digital Marketing in New Normal Era The Science of Sales Management

×