kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.310.000 -1,13%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
G20 /

Pemimpin Negara G20 Mulai Berdatangan ke Bali, Presiden Jokowi Juga Sudah Datang


Minggu, 13 November 2022 / 19:41 WIB
Pemimpin Negara G20 Mulai Berdatangan ke Bali, Presiden Jokowi Juga Sudah Datang
ILUSTRASI. Presiden AS Joe Biden menuruni tangga pesawat Air Force One saat tiba di Traverse City, Michigan, Newcastle, Delaware, Amerika Serikat, Sabtu (3/7/2021). REUTERS/Joshua Roberts

Reporter: Syamsul Ashar | Editor: Syamsul Azhar

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tamu tamu negara pimpinan negara-negara G20 mulai tiba di Bandara I Gusti Ngurah Rai Denpasar Bali.

Pada Minggu pukul 19.19 WIB atau 20 19 WITA, pesawat kepresidenan Republik Indonesia juga tampak memasuki areal parkir bandara I Gusti Ngurah Rai Denpasar Bali.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo juga baru datang dari luar negeri setelah melakukan kunjungan kerja menghadiri Konfrensi Tingkat Tinggi negara-negara ASEAN, yang berlangsung tiga hari terakhir di Phnom Penh Kamboja.

Presiden pada kunjungan tersebut sekaligus menerima estafet sebagai negara yang menerima keketuaan atau presidensi ASEAN periode 2023.

Sebelumnya beberapa pemimpin negara dan organisasi internasional yang diundang dalam pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20,  juga sudah hadir di Bali.

Baca Juga: Ini Kata Pengamat Jika KTT G20 Bali Tidak Mencapai Komunike

Tampak beberapa menteri yang bertugas untuk menyambut para tamu undangan dan mengantarkannya ke ruang VVIP bandara.

Misalnya Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate yang menyambut pimpinan organisasi buruh internasional International Labour Organization (ILO).

Lalu Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi juga tampak menyambut beberapa tamu negara yang mulai hadir di Bali.

Sementara kedatangan Presiden Jokowi sendiri disambut oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Kepala BIN Budi Gunawan yang tampak memberikan laporan kepada Presiden, juga Menteri BUMN Erick Thohir dan Gubernur Bali I Wayan Koster dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Presiden Jokowi kemudian memberikan pernyataan pers di dampingi Menteri Luar Negeri Rento Marsudi,  

Presiden menyampaikan serah terima keketuaan ASEAN telah dilakukan saya tekankan ASEAN harus kuat sebagai episentrum pertumbuhan dunia.

"Asean akan tetap menjadi kawasan damai dengan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, demokrasi dan menjaga hukum internasional," kata Presiden Joko Widodo.

Selain itu Indonesia menegaskan kerjasama ekonomi ASEAN harus diperkuat agar warga di ASEAN semakin makmur.

Sementara menyampaikan mengenai persiapan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Presiden menegaskan semua sudah siap, ada pimpinan 17 negara hadir ini menggembirakan di saat yang sulit," kata Presiden.

Presiden juga menyampaikan dua pemimpin dunia yakni Presiden Amerika Serika Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping juga akan hadir di KTT G20.

"Indonesia akan terus perjuangkan perdamaian dunia dan menjadi solusi dalam pemulihan ekonomi,"  katanya, Minggu (13/11).

Sebelumnya Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kakanwil Kemenkumham) Bali, Anggiat Napitupulu mengungkapkan, ada lima kepala negara yang dijadwalkan tiba di Bali pada malam ini, Minggu (13/11/2022), untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. 

Salah satunya adalah Presiden Amerika Serikat Joe Biden. "Malam ini rencana ada lima kepala negara yang datang, salah satunya dia (Joe Biden)," kata dia saat dihubungi wartawan, Minggu. 

Anggiat mengatakan, para kepala negara ini dijadwalkan akan mendarat di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali. Selain Joe Biden, ada pula kepala negara yang langsung bertolak ke Bali seusai menghadiri KTT ASEAN ke-40 dan ke-41 di Kamboja. 

Hanya saja, Anggiat belum mengetahui secara detail kepala negara mana saja yang dijadwalkan tiba di Bali malam ini. 

"Mulai malam ini (kepala negara tiba di Bali), karena selesai pertemuan KTT ASEAN dari sana sebagian besar kepala negara langsung ke sini," kata dia. 

"Kepala negara mana saja saya belum tahu tapi saya dapat informasi mulai malam ini," tambahnya. 

Anggiat menambahkan, jumlah peserta yang sudah tiba Bali untuk mengikuti pertemuan internasional tersebut, hingga Sabtu (12/11/2022), telah mencapai 986 orang. 

Jumlah tersebut termasuk dengan para jurnalis dari media internasional. "Kalau untuk delegasinya saya bisa sampaikan sampai dengan kemarin karena yang pagi ini sampai hari ini kita belum rekap, kalau sampai kemarin itu sudah ada 986 orang," kata dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Kepala Negara G20 Tiba di Bali Malam Ini, Termasuk Joe Biden", Klik untuk baca: https://denpasar.kompas.com/read/2022/11/13/183718178/5-kepala-negara-g20-tiba-di-bali-malam-ini-termasuk-joe-biden 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×