kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%
G20 /

KTT Y20 Dorong Peningkatan Kesadaran Terhadap Keuangan Digital


Selasa, 26 April 2022 / 21:44 WIB
KTT Y20 Dorong Peningkatan Kesadaran Terhadap Keuangan Digital
ILUSTRASI. Penari membawakan tarian Sriwijaya Jaya saat pembukaan Pra KTT Pertama Indonesia (Y20 Pre-Summit) 2022 di Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (19/3/2022).

Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Layanan keuangan digital tumbuh pesat di tengah pandemi Covid-19. Namun, masih banyak populasi dunia yang belum menikmati manfaat ekonomi digital. Banyak masyarakat di negara berkembang masih mengandalkan uang tunai (cash).

Belum lagi adanya kendala akses internet, serta tantangan literasi keuangan digital termasuk di kalangan anak muda sendiri.

Itu sebabnya, Pra-KTT ke-2 pertemuan pemuda negara G20  atau Youth 20 (Y20) Indonesia 2022 yang digelar di Lombok mendorong kesadaran anak muda terhadap keuangan digital

Pra-KTT  menyoroti kebijakan pemerintah dalam meningkatkan kesadaran keuangan digital di kalangan generasi muda.

Baca Juga: Memberi Peran Lebih Pemuda di Ajang G20

Co-Chair Y20 Indonesia 2022 Budy Sugandi mengatakan, kemajuan teknologi digital menghadirkan kesempatan sekaligus tantangan bagi anak muda.

Kemajuan teknologi digital berdampak pada generasi muda. Namun, sejumlah kerangka kerja publik masih ambigu. Oleh karena itu, intervensi pemerintah khususnya di negara G20 perlu menjadi contoh.

"Suara anak muda adalah suara masa kini dan masa depan. Apa yang kita hasilkan hari ini dan esok tidak hanya mewakilkan suara anak muda di Indonesia atau di negara G20, tetapi anak muda di seluruh dunia," kata Budi dalam keterangan resminya yang diterima Kontan.co.id, Selasa (26/4).

Sementara menurut Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, literasi layanan keuangan digital di kalangan milenial masih menjadi tantangan besar bangsa ini. Jika tidak diimbangi peningkatan literasi di kalangan pemuda, maraknya perkembangan layanan keuangan digital justru akan berdampak negatif.

Namun, kata dia, masih ada tantangan besar, terutama mengenai tingkat literasi layanan keuangan digital di kalangan anak muda. Kemenpora terus mendorong generasi muda untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan minat baca mereka mengenai keuangan digital.

Menteri BUMN Erick Thohir dalam kesempatan yang sama mengajak anak muda untuk memainkan peran aktif sebagai agent of change di tengah disrupsi digital. Pemerintah pun telah melakukan sejumlah upaya untuk mendorong transformasi digital lewat pembangunan konektivitas WiFi di desa.

“Partisipasi pemuda dalam pembangunan bangsa sangatlah penting. Saya sangat mengapresiasi forum Y20 ini untuk merumuskan ide terbaik bagi pembangunan indonesia dan dunia, khususnya di empat topik yaitu ketenagakerjaan pemuda, transformasi digital, planet yang berkelanjutan dan layak huni, serta keberagaman dan inklusi," jelasnya.

Senada, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate juga menekankan bagaimana anak muda Indonesia memiliki peran sebagai agent of change. Dia bilang, anak muda zaman sekarang yang lahir dikelilingi oleh digital ekosistem punya peran penting sebagai agent of change dalam lanskap digital saat ini.

Seperti diketahui, Indonesia terpilih menjadi tuan rumah pertemuan negara-negara anggota G20 dan pertemuan pemuda G20 yang dikenal dengan Youth 20 (Y20) pada 2022.

Baca Juga: G20 Berkomitmen Bantu Negara Berpenghasilan Rendah

Ada empat bidang prioritas yang akan diusung dalam agenda ini, yakni lapangan kerja, transformasi digital, planet yang berkelanjutan dan layak huni, keragaman dan inklusi.

Sebelum KTT Y20 Indonesia 2022 digelar, empat Pra-KTT untuk masing-masing bidang prioritas akan diadakan secara terpisah di empat kota di Indonesia, yakni Palembang (Pra-KTT Pertama), Lombok (Pra-KTT Kedua), Manokwari (Pra KTT Ketiga), dan Balikpapan (Pra-KTT Keempat).  Acara puncak KTT Y20 direncanakan digelar di DKI Jakarta dan Bandung.

Pra-KTT ke-2 menyediakan forum bagi para pemimpin muda domestik dan internasional untuk berdiskusi dan bertukar pikiran dengan topik yang berfokus pada bidang prioritas transformasi digital, terutama mengenai peran pemuda dalam tata kelola digital dan kesadaran keuangan digital.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU

×