kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45945,58   -16,27   -1.69%
  • EMAS984.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%
G20 /

Bertemu Presiden AS Joe Biden Bilateral Jokowi Ajak Kongretkan Kerjasama Ekonomi IPEF


Senin, 14 November 2022 / 15:23 WIB
Bertemu Presiden AS Joe Biden Bilateral Jokowi Ajak Kongretkan Kerjasama Ekonomi IPEF
ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden di Bali 14 November 2022.

Reporter: Syamsul Ashar | Editor: Syamsul Azhar

KONTAN.CO.ID -  BADUNG, BALI. Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden di The Apurva Kempinski Bali, Senin, 14 November 2022. 

Pada pertemuan tersebut, Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara langsung menyampaikan terima kasih atas kehadiran Presiden AS Joe Biden pada KTT G20 di Indonesia. ​

"Presiden Biden, selamat datang di Bali. Saya mengapresiasi kehadiran Presiden Biden pada KTT G20 ini," ucap Presiden Joko Widodo seperti dikutip dari pernyataan tertulis Kementerian Luar Negeri.

Pada pertemuan dengan Presiden Joe Biden tersebut Presiden Jokowi menyampaikan harapannya agar KTT G20 di Bali ini menghasilkan kerja sama yang konkret. 

Baca Juga: Presiden China Xi Jinping Mendarat di Bali, Disambut Menko Luhut dan Gubernur Koster

"Saya berharap KTT G20 ini dapat menghasilkan kerja sama konkret yang dapat membantu dunia dalam pemulihan ekonomi global,” ucap Presiden Jokowi.

Selain itu Presiden juga menyampaikan harapan Indonesia bahwa semua negara G20 dapat memberikan fleksibilitas agar komitmen konkret hasil KTT dapat tercapai.

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi juga menyampaikan isu lain yaitu pentingnya kerja sama Indo-Pacific Economic Framework (IPEF). 

Indonesia menyatakan komitmen untuk memberikan dukungan dan berpartisipasi penuh pada IPEF.

Bagi Indonesia, kerja sama konkret selalu menjadi acuan. Presiden akan menugaskan Menteri Koordinator Perekonomian Indonesia untuk terus menindaklanjuti kerja sama IPEF ini.

Baca Juga: KADIN Indonesia Pastikan B20 Indonesia Tingkatkan Potensi Investasi di Indonesia

Sementara itu, terkait Indo-Pasifik, Presiden Jokowi menggarisbawahi pentingnya pembahasan masalah keamanan bersama Amerika Serikat. 

Namun, menurut Presiden, kerja sama ekonomi Indo-Pasifik juga tidak kalah penting dan perlu terus diperkuat.

"Kemitraan Indonesia, ASEAN dengan Amerika Serikat untuk membangun kemakmuran di Indo-Pasifik perlu terus diperkuat," kata Presiden.

Presiden menambahkan, sebagai Ketua ASEAN, tahun depan Indonesia akan mengadakan Indo-Pacific Infrastructure Forum yang merupakan salah satu implementasi konsep ASEAN Outlook on the Indo Pacific (AOIP).

"Saya sangat berharap AS dapat berpartisipasi dalam forum tersebut sebagai wujud dukungan AS terhadap AOIP,” jelas Presiden.

Pada pertemuan bilateral dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden, Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri ESDM Arifin Tasrif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

×